Rabu, 14 Desember 2016

Microsoft Office Excel



Microsoft Excel atau Microsoft Office Excel adalah sebuah program aplikasi lembar kerja spreadsheet yang dibuat dan didistribusikan oleh Microsoft Corporation untuk sistem operasi Microsoft Windows dan Mac OS. Aplikasi ini memiliki fitur kalkulasi dan pembuatan grafik yang, dengan menggunakan strategi marketing Microsoft yang agresif, menjadikan Microsoft Excel sebagai salah satu program komputer yang populer digunakan di dalam komputer mikro hingga saat ini. Bahkan, saat ini program ini merupakan program spreadsheet paling banyak digunakan oleh banyak pihak, baik di platform PC berbasis Windows maupun platform Macintosh berbasis Mac OS, semenjak versi 5.0 diterbitkan pada tahun 1993. Aplikasi ini merupakan bagian dari Microsoft Office System, dan versi terakhir adalah versi Microsoft Office Excel 2007 yang diintegrasikan di dalam paket Microsoft Office System 2007.
a. Sejarah Ms.Excel
Microsoft Excel adalah salah satu software (piranti lunak) jenis spreadsheet yang dibuat oleh perusahaan raksasa Microsoft, perusahaan yang juga membuat sistem operasi Windows yang terkenal itu. Microsoft Excel dapat berdiri sendiri atau merupakan bagian dari Microsoft Office, suatu suite programme (gabungan beberapa program namun berfungsi sebagai satu kesatuan program/saling terkoneksi satu sama lain).
Piranti lunak (software) type spreadsheet mulai dikenal ketika diperkenalkannya software VisiCalc pada suatu pameran komputer di Amerika tahun 1979. Saat itu VisiCalc masih diperuntukkan untuk komputer berbasiskan Sistem Operasi UNIX. Program ini kemudian dibeli oleh perusahaan Lotus. Akhirnya Lotus membuat software spreadsheet sendiri yang dibuat berdasarkan pengembangan dari VisiCalc yang diberi nama Lotus 1-2-3. Lotus 1-2-3 menjadi standard software spreadsheet untuk beberapa waktu lamanya sebelum kemudian Microsoft mempopulerkan produk Excel-nya dengan basis Windows (Microsoft Excel 4.0 for Windows). Semenjak itulah Microsoft Excel memimpin aplikasi software spreadsheet. Tabel di bawah ini menjelaskan kronologis singkat pengembangan Microsoft Excel.
b. Dasar-dasar Penggunaan
Untuk dapat menggunakan Microsoft Excel, idealnya Anda harus terlebih dahulu menguasai dasar-dasar penggunaan Microsoft Windows dan penggunaan mouse. Anda juga harus sudah mengenal istilah-istilah komputer yang terdapat di sini dan mengenal fungsi tombol-tombol pada keyboard. Sebab nanti dalam prakteknya, sangat penting dan membantu Anda mempersingkat waktu, dibandingkan jika Anda tidak mengenal dan tidak mengetahui sama sekali.
Program Microsoft Excel merupakan bagian dari Microsoft Office pada Windows 3.1Untuk mengaktifkan program Microsoft Excel pada Windows versi 3.1 dan 3.11 maka dari Program Manager, arahkan pointer mouse ke icon group Microsoft Office lalu klik dua kali tombol sebelah kiri mouse. Setelah jendela Microsoft Office terbuka (lihat Gambar 1 disebelah), arahkan pointer mouse ke icon program Microsoft Excel lalu klik dua kali lagi.
c. Mengenal Spreadsheet Excel
1. Tampilan Menu Excel
Elemen-elemen Excel yang perlu Anda ketahui adalah : Title Bar, letaknya paling atas, berisi judul program dan nama file yang dibuka. Pada Gambar 3 ditampilkan nama program yang digunakan yaitu Microsoft Excel dan nama file yaitu Book 1 yang terdiri atas :
1)     Lajur Menu, berisikan menu-menu Excel seperti File, Edit, View, Insert, Format, Tools, Data, Help
2)     Standard Toolbar, berisikan icon-icon standard Excel untuk file baru, membuka, menyimpan, mencetak, menghapus dan memindahkan, mencopy dll.
3)     Format Toolbar, berisikan icon-icon yang mengubah tampilan format data, seperti tampilan jenis huruf (Arial), ukuran/size huruf (10) cetak tebal (B), miring (I), garis bawah (U), lambang keuangan ($), prosentase (%), menambah atau mengurangi tampilan desimal dll (Perhatikan Gambar 3 dibawah ini).
4)     Lajur Rumus, terdiri atas dua bagian yaitu yang disebelah kiri menginformasikan sel yang aktif (pada Gambar 3 dibawah berikut ini tertulis B3), sementara di sebelah kanannya, menampilkan isi pada sel yang aktif tersebut. Karena isi data pada contoh gambar ini kosong (tidak ada) maka pada lajur rumus juga ditampilkan kosong.
5)     Area lembar kerja (worksheet) adalah bidang dimana kita menuliskan input dan sekaligus melihat outputnya. Area ini terdiri atas beberapa kolom yang ditandai dengan huruf A, B, C dan seterusnya, lalu beberapa baris yang ditandai dengan angka 1, 2, 3 dan seterusnya. Perpotongan antara kolom dan baris disebut juga sel. Dalm contoh diatas, sel yang aktif adalah sel B3 artinya terletak diperpotongan antara kolom B dan baris ke-3.
Pada bagian pojok kiri bawah terdapat nama dari setiap worksheet (perhatikan gambar dibawah, lembar kerja yang aktif dalam Gambar 3 namanya Sheet1). Nama ini bisa diganti. Caranya arahkan pointer mouse ke nama worksheet, lalu click tombol kanan mouse Anda lalu pilih Rename. Setelah itu ketikkan nama worksheet yang Anda inginkan.

=SUM(…)
Fungsinya           : Untuk melakukan penjumlahan
Bentuk umum     : =SUM(range sel)
Contoh                : Misalkan  kita  akan  menjumlahkan  dari sel H5 sampai sel
H15
Penulisan           : =SUM(H5:H15)


=COUNT(…)
Fungsinya           : Untuk melakukan counter
Bentuk umum     : =COUNT(range sel)
Contoh                : Misalkan  kita   akan   menghitung   jumlah  pegawai  yang
berada di sel B5 sampai sel B15
Penulisan           : =COUNT(B5:B15)

=MAX(…)
Fungsinya           : Untuk mencari nilai maksimum (terbesar)
Bentuk umum     : =MAX(range sel)
Contoh                : Misalkan kita ingin  menetukan nilai terbesar dari sederetan
sel yang berada di sel F1 sampai sel F17
Penulisan           : =MAX(F1:F17)

=MIN(…)
Fungsinya          : Untuk mencari nilai minimum (terkecil)
Bentuk umum    : =MIN(range sel)
Contoh               : Misalkan kita ingin  menentukan nilai terkecil dari sederetan
sel yang berada di sel F1 sampai sel F17
Penulisan          : =MIN(F1:F17)

=AVERAGE(…)
Fungsinya          : Untuk mencari nilai rata-rata
Bentuk umum    : =AVERAGE (range sel)
Contoh               : Misalkan  kita  ingin  mengetahui nilai rata-rata dari sel A11
sampai A17
Penulisan          :=AVERAGE(A11:A17)

=ABS(…)
Fungsinya         : Untuk  mengubah   angka-angka   yang   ada  dalam daftar
argumennya menjadi bilangan mutlak (absolut)
Bentuk umum   : =ABS(range sel)
Contoh              : Misalkan  kita  bermaksud  mengetahui  secara  mutlak dari
sel yang kita aktifkan, misal di sel F17
Penulisan         : =ABS(F17)

=SQRT(…)
Fungsinya        : Untuk  menghitung  akar  dari  bilangan X. Bilangan X tidak
boleh negatif
Bentuk umum : =SQRT(range sel)
Penulisan        : = SQRT(25)          5

=IF(…;…;…)
Fungsinya       : Untuk  mengecek  apakah  nilai  yang kita gunakan sebagai
kunci benar atau salah (memenuhi syarat atau tidak)
Bentuk umum : =IF(logical_test ; Value_if_true ; Value_if_false)
Contoh            : Misalkan  kita akan  membandingkan nilai di suatu sel yang
berada  di  sel  F17,  tentang kriteria siswa dinyatakan lulus
atau gagal dengan ketentuan sbb.
Jika  nilai   rata-rata  siswa  lebih  besar  sama dengan  60,
maka siswa dinyatakan LULUS, dan sebaliknya.
Penulisan      : =IF(F17>=60:”LULUS”;”GAGAL”)
artinya  jika kolom  F17 lebih besar sama dengan 60, maka
LULUS, jika kurang dari 60, maka GAGAL
Keterangan :
Jika kondisi di sel F17 terpenuhi, maak kerjakan Value_if_true, jika kondisi di sel F17 tidak terpenuhi, maka kerjakan Value_if_false

=DATE(Year,Month,Date)
Fungsinya           : Untuk menghitung jumlah hari
Contoh                : =DATE(73,8,11) à 26887 hari

=VLOOKUP
Fungsinya       : Untuk pembacaan suatu tabel secara vertikal
Bentuk umum : =VLOOKUP(lookup_value; table_array; Col_index_num;
Range_lookup)

=HLOOKUP
Fungsinya       : Untuk pembacaan suatu tabel secara horizontal
Bentuk umum : =HLOOKUP(lookup_value; table_array; Col_index_num;
Range_lookup)

=LEFT(…;…)
Fungsinya      : Untuk   mengambil   teks   sejumlah  karakter  tertentu  dari
sebuah kiri
Bentuk umum : =LEFT(teks;jumlah karakter yang diambil)
Contoh            : Misal  kita  akan  mengambil  karakter  yang  ada di sel F17
(Februari) sebanyak 3 huruf
Penulisan       : =LEFT(F17;3) à hasilnya Feb

=RIGHT(…;…)
Fungsinya       : Untuk   mengambil   teks   sejumlah  karakter  tertentu  dari
sebuah kanan
Bentuk umum : =RIGHT(teks;jumlah karakter yang diambil)
Contoh            : Misal  kita  akan  mengambil  karakter  yang  ada di sel F17
(Februari) sebanyak 3 huruf
Penulisan       : =RIGHT(F17;3) à hasilnya ari

=MID(…;…;…)
Fungsinya      : Untuk   mengambil  teks  dari  kedudukan  tertentu  dengan
sejumlah karakter tertentu
Bentuk umum : =MID(teks; start_number; number_char)
Contoh            : Misal  kita  akan  mengambil  karakter  baru yang ada di sel
F17 (Februari)
Penulisan       : =MID(F17:3:3)

Saya coba memaparkan perbandingan antara Excel 2003 dan Excel 2007.
·         Jumlah baris
Excel 2003 hanya menyediakan 65,536 baris, sedangkan Excel 2007 menyediakan 1,048,576 baris.
·         Jumlah kolom
Excel 2003 menyediakan 256 kolom, sedangkan Excel 2007 menyediakan 16,384 kolom.
·         tabel
Harus diakui, Excel 2007 memiliki berbagai format tabel yang menarik dan siap pakai.
·         Formula
Excel 2007 memiliki banyak tambahan formula.
·         Penampilan grafik / chart
Excel 2007 memiliki tampilan menakjubkan untuk grafik / chart. Warna defaultnya juga menarik dibandingkan versi Excel yang lebih lama.
·         Membuka / menutup file
Jika Dibandingkan dengan Excel 2003, dengan spesifikasi komputer yang sama dan file yang sama, performa Excel 2007 dalam aktivitas ini lebih lambat dibanding pendahulunya.


·         Memiliki fitur-fitur yang user friendly.
·         Dilengkapi dengan Task Pane pada jendelanya.
·         Dapat menggunakan acua relative dan mutlak
·         Memiliki fungsi yang lengkap (bidang matematika,statistic,logika keuangan,refrensi,waktu dan teks).
·         Dokumen dapat terdiri dari lembaran kerja dengan jumlah yang banyak
·         Fasilitas Help Perintah Find dan Replace,Fasilitas AutoSave, Perintah pengeditan data di sel,Berbagai pemformatan sel, Perintah untuk menghapus dan menyisipkan baris dan kolom, perintah Undo-Redo, Dilengkapi
·         Mengurutkan dan menyaring data
·         Menyembunyikan baris dan kolom
·         Menampilkan Print Preview dan mencetak
·         Membuat grafik dalam berbagai bentuk
·         Menggabung dan membagi sel
·         Mengimpor data dari database perusahaan
·         Menggunakan Macro, solver, Add – ins
·         Menyimpan file dalam format XML

ssource : http://ueu201266131.weblog.esaunggul.ac.id/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar